Usai Debut dengan Ipswich Town, Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-19

Stoper keturunan Indonesia, Elkan Baggott baru saja bertanding dengan Ipswich Town pada Trofi EFL 2020/2021. Pada ajang tersebut, Elkan sekaligus mencatatkan debutnya untuk Ipswich Town dengan mengalahkan Gilingham melalui dua golnya. Menurut iosappers.com dalam waktu 90 menit, pemain muda berdarah Inggris ini berhasil menjaga gawang dari kebobolan.

Pada hari Rabu 7 Oktober 2020 kemarin tepatnya pada dini hari WIB, bek 17 tahun ini langsung terbang ke Kota Split, Kroasia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19 bersama 27 pemain lainnya. Kabar ini tentunya sangat membahagiakan karena kehadiran Elkan yang memiliki tinggi badan 194 sentimeter ini dipercaya dapat menjaga barisan pertahanan Timnas Indonesia U-19 yang semakin membaik.

Setibanya di Kroasia, Elkan mengaku sangat antusias dan senang untuk mengikuti latihan sepak bola di bawah pimpinan pelatih Shin Tae-yong meskipun ia telat bergabung dari skuad Garuda Muda. Dikutip dari laman resmi PSSI pada Kamis (8/10/2020), Elkan merespon dengan antusiasnya, “Sangat senang dan bahagia saya dapat kembali bergabung bersama Timnas U-19 pada pemusatan latihan di Kroasia. Saya dalam kondisi baik dan siap menjalani menu latihan bersama teman-teman Timas U-19 di sini”.

Timnas Indonesia U-19 memiliki kelemahan dalam duel di udara, seperti para pemain sering dihadapkan dengan lawan pemain yang memiliki postur tinggi. Dibuktikan saat kalah bertanding melawan Blugaria (0-3) dan Kroasia (1-7), kebobolan yang terjadi sering tercipta melalui bola-bola atas yang dilakukan oleh lawan pemain dengan postur lebih tinggi. Namun dengan kehadiran Elkan Baggot dipercaya dapat mengikis kelemahan tersebut karena memiliki tinggi badan 194 sentimeter yang setidaknya dapat membuat Timnas U-19 Indonesia untuk bisa bersaing dalam bola-bola atas.

Bahkan Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI menyambut kehadiran Elkan Baggot dan yakin bahwa hal kehadiran Elkan membuat pelatih Tae-yong semakin bersemangat dalam menghadapi sederet laga uji coba yang akan dilakukan. “Dengan datangnya Elkan Baggot, pelatih Shin Tae-yong akan memiliki beberapa pilihan pemain untuk lini belakang timnas U-19. Kami berharap Elkan Baggot cepat beradaptasi dengan tim”, ujar Indra Sjafri.

Seperti yang diketahui, sejak 30 Agustus 2020 lau, Timnas Indonesia U-19 sudah melakukan pemusatan pelatihan (TC) di Kroasia. Garuda Muda saat ini sudah mengikuti tujuh laga uji coba, yaitu bertanding melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali bertanding dengan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0).

Pada Kamis 8 Oktober 2020, Garuda Muda ini melakukan uji coba melawan NK Dugopolje. Namun meningat Elkan Baggott yang beru tiba sehari sebelum pertandingan uji coba, kecil peluang pelatih Tae-yong untuk memainkan bek keturunan Inggris tersebut. kemungkinan besar, Elkan akan bermain menghadapi Makedonia Utara pada Minggu 11 Oktober 2020 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *