Pastikan Skor Kredit Anda Aman Sebelum Pinjam Dana

Apakah Anda membutuhkan dana cepat? Sebelum mengajukan pinjaman, pahami dulu apa itu skor kredit dan tips untuk memperbaikinya. Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda membutuhkan dana cepat? Alternatif yang bisa digunakan dalam situasi ini adalah dengan mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan terpercaya. Tentunya saat mengajukan pinjaman, skor kredit mempengaruhi keputusan apakah pengajuan pinjaman akan disetujui atau tidak. Pasalnya, calon debitur akan dilakukan Pemeriksaan BI atau pemeriksaan riwayat kredit yang menentukan kesesuaian calon debitur.

Skor kredit yang negatif jelas berisiko membuat pengajuan pinjaman Anda sulit disetujui, bahkan ditolak. Tentu saja, ketika Anda membutuhkan dana cepat, Anda tidak ingin itu terjadi, bukan? Berikut cara melihat dan meningkatkan skor kredit Anda, agar pengajuan pinjaman Anda dapat disetujui dengan lancar.

Apa itu BI Checking?

Pemeriksaan BI atau disebut juga Individual Debtor Information (IDI) adalah sistem yang memuat riwayat kredit nasabah yang informasinya dipertukarkan dengan lembaga keuangan lain, baik perbankan maupun non-perbankan. Informasi tersebut meliputi identitas calon debitur, pemilik dan pengurus, struktur dan karakteristik dana yang diterima, jaminan, penjamin dan tenggat waktu.

Informasi tersebut kemudian disimpan dan diproses di Sistem Informasi Debitur (SID). SID yang telah diproses akan diberikan pada saat seseorang mengajukan permohonan pengendalian BI. Dengan informasi ini, lembaga keuangan akan memeriksa apakah Anda dianggap cocok dan memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman.

Dalam proses Ujian BI, calon debitur akan dinilai melalui skor kredit antara 1 hingga 5. Jika mendapatkan skor 3-4-5, pengajuan pinjaman Anda akan ditolak oleh lembaga keuangan karena ini berarti kredit Anda macet, kredit macet atau macet dan masuk daftar hitam BI Checking. Anda dapat login ke situs resmi Bank Indonesia dan mengisi formulir untuk mengecek skor kredit Anda.

Tips untuk meningkatkan nilai kredit Anda

Jika Anda masuk daftar hitam BI Checking, jangan khawatir. Anda masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan skor kredit Anda. Berikut adalah beberapa saran:

Pembayaran cicilan sebelum batas waktu

Tepat waktu untuk melunasi tagihan pinjaman Anda adalah faktor yang paling memengaruhi skor kredit Anda. Agar hal ini tidak terulang kembali di kemudian hari, segera ambil pinjaman sebelum mengajukan pinjaman lagi. Selain itu, usahakan untuk melunasi pinjaman sebelum habis di masa mendatang. Dengan membayar cicilan kredit tepat waktu, Anda secara tidak langsung mencerminkan sifat tanggung jawab untuk mengelola hutang Anda secara efektif.

Pertahankan rasio utang / PDB

Idealnya, rasio utang terhadap PDB yang aman adalah maksimal 30% dari pendapatan bulanan Anda. Usahakan untuk menjaga rasio utang terhadap PDB di zona ideal, termasuk penggunaan kartu kredit yang bijak. Hal ini menunjukkan bahwa Anda dapat melunasi utang yang Anda miliki tanpa risiko menderita kredit macet hingga skor kredit Anda tinggi.

Penyimpanan bukti transaksi

Jika Anda memiliki bukti kredit yang telah dibayarkan dan dibayarkan tepat waktu, pastikan Anda menyimpan bukti transaksi tersebut. Dengan menunjukkan dan memelihara transaksi kredit yang baik ini jelas dapat meningkatkan nilai kredit Anda. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menghindari kesalahan yang dapat dilakukan lembaga keuangan terkait kredit yang tidak tepat.

Pertahankan kebiasaan kredit Anda

Skor kredit tidak dapat segera dikoreksi. Tentu saja, dibutuhkan latihan yang baik untuk mempertahankan nilai kredit tersebut. Selalu bayar tagihan tepat waktu, ajukan kredit sesuai kemampuan membayar, dan gunakan kartu kredit dengan bijak. Selain itu, Anda juga perlu memantau skor kredit Anda setiap beberapa bulan, untuk mengetahui tindakan lain yang diperlukan untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Mengeluarkan pinjaman saat Anda membutuhkan dana dengan cepat adalah baik, selama Anda mengajukan pinjaman berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda untuk membayar. Semoga tips di atas dapat membantu Anda meningkatkan nilai kredit Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *