Inilah Syarat Dokumen dan Prosedur Perpanjang STNK

Bagi pengendara selain SIM memiliki STNK yang masih hidup adalah slah satu syarat untuk mengemudi dengan aman. Kelengkapan surat-surat berkendara adalah hal yang penting karena sering kali pihak berwenang juga melakukan Razia kelengkapan berkendara anda termasuk juga kepemilikan STNK.  STNK juga dipakai sebagai syarat untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang anda miliki. Tidak memiliki surat penting ini saat berkendara bisa membuat anda di tilang dan harus membayar denda tilang serta melakukan persidangan yang tidak hanya akan membuat anda repot tapi juga akan menghabskan waktu anda. Demi menghindari persidangan tilang atau denda tilang anda perlu perpanjang STNK  jika sudah jatuh tanggal temponya.

Untuk perpanjang STNK  milik anda ada dua pilihan yaitu perpanjang tahunan atau perpanjang 5 tahun sekali. Bila anda tidak ingin proses lama dan syarat banyak bisa perpanjang tiap tahun tapi bila anda tidak ingin bolak-balik melakukan perpanjangan STNK bisa memilih untuk memperpanjang 5 tahun sekali. Perpanjangan 1 tahun sekali memang khusus untuk STNK sedangkan untuk perpanjangan 5 tahun sekali untuk sekaligus ganti plat kendaraan bermotor anda. Kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk memperpanjang STNK anda adalah berikut ini:

Perpanjang setiap tahun

1.      KTP asli miliki anda

2.      STNK asli

3.      Bukti pembayaran pajak kendaraan motor

Perpanjang STNK 5 tahun sekali

1.      Bawa STNK yang asli

2.      Bawa KTP asli sesuai dengan yang ada di BPKB

3.      Bawa BPKB yang asli

4.      Bawa Kendaraan anda karena akan diganti plat dan akan di cek keadaan mesin

5.      Uang untuk keperluan membayar pajak kendaraan

Pada saat perpanjang STNK  5 tahun sekali ada beberapa prosedur yang harus anda lalui yang sifatnya wajib jadi tidak mungkin sekali untuk anda skip. Prosedur yang harus dilakukan adalah:

1.      Menyiapkan semua dokumen yang diperlukan sebelum datang ke samsat

2.      Saat di samsat anda bisa datang ke bagian pelayanan dan nanti ada pihak samsat yang akan meminta dokumen dan mengecek keadaan kendaraan bermotor milik anda.

3.      Setelah selesai melakukan pengecekan anda nanti akan menerima blanko fisik yang bisa anda gabung dengan perlengkapan data lainnya yang anda bawa dan tinggal antre untuk menunggu giliran pengesahan dokumen yang anda bawa.

4.      Anda harus mengfotocopy berkas kelengkapan yang dibutuhkan

5.      Setelah mengfotocopy berkas kelengkapan yang anda bawa selanjutnya anda perlu untuk datang menyerahkan data ke petugas khusus agar nanti bisa ambil antre lagi.

6.      Nama anda akan dipanggil untuk mengecek data apakah sesuai dengan BPKB yang anda bawa jika sudah petugas pengecekan akan mengarahkan anda ke kasir.

7.      Anda harus melakukan pembayaran perpanjangan STNK dan ganti plat kendaraan bermotor di bagian kasir.

8.      Begitu pembayaran selesai anda lakukan, anda akan menerima struk bukti pembayaran yang bisa anda bawa saat mengambil STNK dan plat kendaraan baru.

Biasanya plat kendaraan baru dan STNK yang diperpanjang lima tahun sekali tidak akan langsung jadi maksimal 1 bulan paling lama. Jika anda tidak ingin terlalu lama menunggu proses perpanjangan STNK jangan lupa untuk menyiapkan dokumen apa saja yang dibutuhkan dan ketahui prosedur apa saja yang harus dilakukan. Hindari jasa calo karena anda akan keluar uang lebih banyak jika menggunakan jasa calo yang biasanya cukup banyak jasanya untuk perpanjangan STNK.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *