Bagaimana Agar Bisnis Kita Bisa Disukai Banyak Orang (Laris)

Setiap orang, termasuk Anda, dapat mempelajari cara menjalankan bisnis online. Siapapun bisa memulai bisnis online yang sukses asalkan menggunakan pedoman yang tepat. Dengan membaca panduan ini, Anda telah mengambil langkah pertama menuju kesuksesan bisnis online Anda. Pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari cara belajar bisnis online untuk pemula. Mulai dari menentukan produk yang akan dijual hingga memasarkan produk tersebut. Dikutip dari elevenconsignment.com bagaimana Anda belajar bisnis untuk pemula? Memulai bisnis online memang tidak mudah, namun bukan tidak mungkin. Setidaknya ada sembilan langkah kunci untuk memulai dan mempelajari bisnis online gratis.

1. Cari masalah di depan pasar

Produk merupakan komponen penting dalam bisnis online. Dengan produk yang memenuhi kebutuhan pasar, Anda tetap memiliki potensi untuk menaklukkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal. Pernyataan di atas bukannya tanpa bukti. Menurut penelitian CBS Insight, 42% perusahaan startup gagal karena gagal mengidentifikasi kebutuhan pasar. Mengapa mereka gagal? Pasalnya, produk yang mereka tawarkan gagal menyelesaikan masalah konsumen.

Ingat, ketika membeli produk Anda, hal pertama yang dipikirkan konsumen adalah masalah mereka terselesaikan. Jadi ketika Anda memulai bisnis online, apa pun jenis bisnisnya, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah apakah produk Anda ada di pasaran? Apakah produk Anda memecahkan masalah konsumen?

2. Riset pasar

Setelah memilih masalah bisnis yang potensial, kini saatnya mulai fokus pada penelitian di bidang tersebut. Mengapa Anda perlu meneliti pasar terlebih dahulu? Karena ini adalah salah satu metode terbaik untuk menemukan ide bisnis online. Anda membutuhkan data yang obyektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data tersebut. Jadi Anda bisa membuat keputusan berdasarkan data objektif, bukan hanya tebakan dan opini.

3. Analisis kecocokan

Semoga pepatah di atas berlaku saat memulai bisnis online. Untuk mengalahkan pesaing Anda, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Apa keuntungan mereka, bagaimana mereka mendekati pengguna, apa kerugian mereka. Dengan informasi tersebut, Anda dapat menciptakan produk yang dapat bersaing dengan kompetitor.

4. Temukan model bisnis

Riset Anda tidak berhenti pada pelanggan dan menargetkan produk untuk dijual. Selanjutnya, Anda perlu memilih model bisnis mana yang paling menguntungkan. Karena walaupun Anda menjual produk yang sama, cara Anda menjualnya bisa berbeda-beda. Untuk lebih memahami, mari kita bahas sebuah contoh. Katakanlah Anda tertarik menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda dapat menyimpan beberapa produk fisik untuk dijual melalui website atau pasar.

Beda kalau tidak punya modal. Anda harus bekerja sama dengan pemasok yang menjual tablet tersebut, kemudian menjualnya melalui sistem dropship. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir tentang stok dan stok produk. Skenario lain tidak melibatkan penjualan produk fisik. Jika Anda merasa nyaman menjadi seorang blogger dan bekerja dengan sebuah merek untuk mempromosikan suatu produk, Anda dapat menjadi pilihan yang baik untuk terlibat dalam skema pemasaran afiliasi atau menjadi penerbit melalui Google Adsense.

5. Tentukan target pasar Anda

Riset pasar dan analisis pesaing yang Anda lakukan di atas menjadi dasar untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukan pasar sasaran Anda. Target pasar adalah sekelompok orang dengan fitur dan kemampuan yang sama untuk membeli produk yang Anda buat. Setiap produk memiliki pasarnya sendiri. Misalnya, meski sama-sama jam tangan, Rolex dan Casio memiliki target pasar yang berbeda. Rolex melayani pasar kelas atas, sedangkan Casio melayani pasar kelas menengah.

Dengan target pasar yang lebih spesifik, dimungkinkan untuk mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mengembangkan strategi pemasaran Anda.

6. Produk apa yang bisa Anda jual secara online?

Setelah melakukan riset pasar, menganalisis pesaing, dan menentukan target pasar Anda, kini Anda tinggal memutuskan produk mana yang akan dijual. Jadi, produk apa yang bisa Anda jual secara online. Tentunya pertanyaan ini hanya dapat dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis pesaing dan pasar sasaran. Pastikan produk yang Anda buat memenuhi kebutuhan pasar sasaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *