5 Cara Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Jika kamu ingin memperluas usaha bisnis online atau sekedar ingin membuat web personal mu sendiri di internet, tentu saja kamu bisa membuat website kamu sendiri! Dengan membuat website kamu sendiri kamu bisa menjangkau dan lebih memudahkan banyak orang untuk mengetahui tentang produk usaha atau layanan yang kamu berikan.

Salah satu cara yang paling mudah agar orang mengerti bahwa itu website kamu adalah melalui cek nama domain website kamu. Karena itu memiliki nama domain yang tepat dan cocok sangat penting karena nama domain seperti sebuah identitas untuk websitemu. Yuk cek nama domain dengan beberapa tips berikut!

  1. Pilih Nama Brand atau Nama Domain yang Kreatif

Karena akan menjadi nama identitas websitemu di ranah internet, alangkah baiknya jika kamu menggunakan nama brand-mu atau menggunakan nama kreatif yang mudah diingat, dicari, dan disebarkan kepada pelanggan atau pengunjung website.

Kamu bisa membuat nama domain yang kreatif seperti membuat nama dengan kata baru yang catchy dan mudah diingat, atau memplesetkan kata-kata yang sudah ada seperti gula menjadi goola, atau pagi menjadi pagi. Atau kamu bisa menggunakan generator cek nama domain di Dewaweb sebagai sumber inspirasi!

  1. Jangan Terlalu Panjang

Gunakan nama domain yang tidak terlalu panjang dan mudah untuk diketik. Jika nama domain terlalu panjang atau memiliki pilihan kata yang terlalu sulit bisa membuat misleading atau mengarahkan mereka ke website yang berbeda. Jangan gunakan kata-kata sulit seperti “strirring” atau pendobelan huruf “terlena”. Jika tidak berhati-hati pengunjung bisa saja masuk ke website “terlena” bukannya “terlena”.

  1. Riset dan Media Sosial

Terkadang beberapa orang atau produk memiliki platform media sosial mereka dahulu sebelum membuat website mereka. Jika kamu akan memilih nama domain, lakukan riset terlebih dahulu. Terlebih lagi jika di media sosial kamu telah memiliki nama brand sendiri.

Jika memungkinkan kamu bisa menggunakan nama brand yang sama untuk websitemu  dengan nama media sosialmu. Sehingga kamu bisa membangun kredibilitas dan membranding usaha, bisnis, organisasi maupun personal. Kamu bisa melihatnya jika nama brand itu avail atau tidak dengan cara cek nama domain di mesin pencarian yang ada di Dewaweb.

  1. HIndari Angka dan Tanda Sambung

Sebisa mungkin hindari menggunakan angka dan tanda sambung dalam membuat nama untuk domainmu. Penggunaan keduanya bisa membuat nama domain menjadi lebih rumit dan terlihat tidak efektif. Jika bisa jangan gunakan sama sekali, namun jika kamu membutuhkannya gunakan sedikit mungkin.

  1. Gunakan Ekstensi yang Tepat

Pastikan kamu menggunakan ekstensi yang tepat, tergantung dimana kamu membuat target area yang kamu inginkan. Jika kamu membuat website untuk perusahaan, komersial, atau komunitas kamu bisa cek nama domain menggunakan .com, atau menggunakan .info untuk web yang bersifat informatif, .net untuk membahas dan menyediakan hal-hal yang teknis atau tentang infrastruktur internet.

Ada juga seperti .org untuk website non-profit dan organisasi non komersial. Jika ingin yang komersial bisa menggunakan .biz dan .me untuk personal, blog atau resume. Kamu juga bisa membuat target areamu. Jika kamu hanya ingin area seputar indonesia saja kamu bisa menggunakan .co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *